Anak Nakal

Anak dengan Gangguan Emosi dan Perilaku

Apa definisi anak nakal? Seorang anak yang dianggap nakal merupakan anak yang tidak mau menuruti perintah orang tua dan berlaku diluar kewajaran dalam konteks negatif.

anak nakal

anak nakal

Tidak ada anak yang lahir disebut anak nakal, tetapi mereka rentan terhadap perilaku nakal. Seorang anak yang berperilaku di luar kewajaran pasti ada sebabnya dan tidak mungkin ia melakukan hal tersebut jika keadaan di dalam keluarga atau lingkungan sepergaulannya berjalan dengan baik. Untuk itu, disarankan untuk mengetahui penyebab, dan mencari cara mengatasi anak yang berperilaku negatif, daripada hanya mencela.

10 ciri anak disebut anak nakal:

  1. Respon anak menangis atau berteriak ketika mereka menginginkan sesuatu.
  2. tidur di lantai dan tidak mau bangun sampai keinginan dituruti.
  3. Mereka terus membuat ulah bahkan memukul ketika Anda menghukum mereka.
  4. Mereka mengabaikan/ tidak mendengarkan ketika diajak bicara.
  5. Berbuat kasar dengan orang dewasa bahkan dengan temannya sendiri.
  6. Mereka menolak untuk berbagi dengan anak-anak lain.
  7. selalu berbuat sesuatu sehingga ingin menjadi pusat perhatian.
  8. selalu ingin apa yang dimiliki orang lain. Begitu memilikinya, ingin sesuatu yang baru.
  9. Kamar selalu berantakan dan tidak mau membereskan.
  10. Menolak untuk pergi tidur maunya main.

Tips untuk Membatasi Perilaku Nakal

  • Mengajarkan sikap syukur

Nakal adalah gejala dari keegoisan anak. Anak percaya mereka berhak atas segala sesuatu, tidak pernah belajar bagaimana untuk bersyukur dan menghargai hal-hal yang mereka miliki. Mereka selalu ingin perhatian dan material yang berlebih, dan akan bereaksi secara negatif jika mereka tidak mendapatkannya. Namun, ketika anak diajarkan sikap syukur dari usia dini maka anak akan lebih mudah menerima apapun.

  • Tekankan pentingnya saling membantu orang lain

Ketika anak belajar pentingnya membantu orang lain, mereka akan mengerti bahwa orang lain di dunia ini. Ajarkan mereka untuk membantu orang lain dimulai dari rumah seperti untuk membantu pekerjaan rumah tangga.ketika diluar rumah anak akan terbiasa saling tolong menolong.

  • Berikan rutinitas yang konsisten

Anak menginginkan rutinitas yang konsisten dari orang tua mereka. Mengatur jadwal teratur untuk tidur , pekerjaan rumah, dll.

  • Luangkan waktu yang berkualitas dengan anak

Kadang perilaku nakal adalah teriakan minta perhatian. karena sebagian orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaannya, sehingga waktu untuk bersama hanya sedikit.Luangkan waktu untuk bersama atau berikan hadiah untuk menghargai anak.

  • Pujian anak ketika melakukan hal yang benar

Berikan pujian yang positif ketika ank melakukan kegiatan dengan baik. Anak merasa terlindungi ketika mendapat pujian yang tulus.

  • Tegas mendisiplinkan anak ketika menunjukkan rasa tidak hormat

Hal yang sangat penting untuk mengajarkan anak untuk hormat dengan orang tua, dan anak yang tidak hormat tidak akan ditoleransi. Mereka harus dihukum segera dan tegas ketika mereka tidak menghormati orang tua atau orang dewasa lainnya. Tapi jangan menghukum anak dengan kekerasan.

Jika secara konsisten menerapkan saran ini, Anda akan mulai melihat perubahan dalam perilaku anak Anda.

contoh kenakalan anak dan cara menangani

anak nakal

anak nakal

Tantrum (Terus-menerus melempar)

Biasanya anak usia prasekolah sering marah ketika keinginannya tidak dituruti. tetapi ketika keinginannya diikuti, senangnya berlebihan dan itu menjadi masalah di sekolah.

Cara menangani : Pertama, Berempati dengan anak dan biarkan anak tahu bahwa dia sedang marah tapi perilakunya tidak dapat diterima. Bantu dia menemukan kata yang tepat untuk mengungkapkan perasaannya dan jangan takut untuk mengambil hak istimewa atau memberikan “time out ” jika merasa diperlukan disituasi saat itu.

Merengek

suara anak merengek adalah kebisingan yang paling menjengkelkan di dunia. Mengantri di bank atau saat belanja membosankan untuk anak-anak dan tidak bisa menyalahkan mereka untuk mendapatkan ringkikan yang melengking. merengek berlarut-larut berarti anak sedang mencoba untuk mengubah kata “Tidak” menjadi “Ya “.

Cara menangani : Anak belajar dengan sangat cepat untuk memanipulasi mama dan papa. Katakan pada anak : ” Saya tidak suka berbicara seperti ini dan aku tidak bisa mengerti. ” Katakan padanya Anda tidak akan merespon sampai dia menggunakan suara biasanya. Ingat, anak tidak bahagia bukanlah anak tidak dicintai. Dalam jangka pendek tidak menyenangkan (untuk Anda kebanyakan) tapi anak perlu belajar bahwa anak tidak selalu bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Cobalah untuk menangkal rengekan dengan beberapa pencegahan. Jika Anda tahu anak akan merengek minta es krim ambilkan sesuatu untuk mengalihkan perhatiannya.

Mudah Bosan

orang tua akan memberikan apapun agar tidak merasa bosan, seperti kemewahan (memiliki bermacam-macam permainannya) sehingga membuat berantakan semua ruangan. Tapi anak selalu mengeluh bosan. Bermain satu mainan dan segera pindah ke mainan yang lain sebelum menyelesaikannya.

Cara menangani: ajarkan anak perbedaan antara apa yang ia inginkan dan apa yang dia butuhkan. Mereka mungkin belum paham sampai awal sekolah dasar tetapi Anda dapat memulai proses awal dari usia dini. Ketika anak bersikeras ingin mainan baru, biarkan membuat pilihan antara dua mainan. Anak akan merasa bangga dengan keputusannya .

Kontrol Hidup

Membesarkan anak-anak adalah pekerjaan yang tidak mudah. Selalu menempatkan anak menjadi yang pertama, di atas diri dan pernikahan Anda.Seakan-akan hidup anda hanya untuk anak.

Cara menangani: Luangkan waktu makan malam dengan pasangan (pergi berdua dengan pasangan tanpa ditemani anak untuk menghilangkan kelelahan), anak dititipkan sementara ke nenek atau menyewa babysitter.

Tag:
ciri anak nakal, ciri ciri anak nakal, apa arti dari anak nakal dan apa arti dari anak adhd, anak nakal adalah, mengatasi anak autis merengek saat belajar, terapi anak nakal, ciri ciri anak nakat, ciri ciri anak yg nakal, ciri ciri tingkah laku anak nakal, ciri bayi nakal, ciri anak nakal tidur, cara therapy anak nakal ketika tidur, cara mengatasi siswa yang mudah mereaksi negatif, Cara mengatasi anak autis biar tdk nakal, arti perilaku nakal, apakah anak autis nakal, apakah anak autis bisa bosan dg rutinitas belajar dan terapi?, anak nakal di kamar, trapi anak nakal, anak autis nakal
Bookmark the permalink.

Comments are closed