Apa itu Cerebral Palsy (CP)?

Cerebral Palsy (CP) adalah gangguan gerak yang mempengaruhi otot,gerakan dan ketrampilan motorik ( kemampuan untuk bergerak secara terarah / terkoordinasi ) yang disebabkan oleh kerusakan otak yang terjadi sebelum atau sesudah kelahiran (menurut penelitian dokter sering terjadi sebelum kelahiran). Masalah-masalah yang terjadi pada anak yang mengalami Cerebral Palsy menyebabkan mereka harus mendapatkan penanganan khusus dari terapi anak. Adapun gejala yang lain muncul dimulai dari lahir sampai usia pra sekolah. cerebral palsy memiliki Gejala yang bervariasi dari setiap penderitanya, mulai dari kejanggalan yang tidak tampak nyata sampai kekakuan yang berat, sehingga gerakan menjadi terbatas. Persendian kaku yang menyebabkan perubahan bentuk lengan dan kaki sehingga anak tidak bisa berjalan. selain mempengaruhi otot ( kemampuan motorik), gejala yang sering ditemukan pada anak cerebral palsy adalah: kejang (epilepsi), gangguan pencernaan, pernafasan yang tidak teratur, keterbelakangan mental, kecerdasan dibawah normal, gangguan bicara, bahkan gangguan penglihatan atau pendengaran. jenis Cerebral Palsy adalah : cerebral palsy spastik Ditandai dengan kekakuan dan kesulitan gerak, contoh kejang saat anak marah / dalam tekanan, segera hilang begitu anak kembali dalam keadaan tenang. cerebral palsy athetoid Di tandai dengan gerakan tak terkendali tanpa disengaja dan tidak dapat dicegah. cerebral palsy ataxia Ditandai dengan terganggu persepsi keseimbangan tubuh dan selalu terdapat salah duga atau presepsi, misalnya pada waktu akan melangkah atau memasukan makanan kedalam mulut.

pengertian cerebral palsy

pengertian cerebral palsy

Cerebral palsy memiliki Gejala yang bervariasi dari setiap penderitanya, mulai dari kejanggalan yang tidak tampak nyata sampai kekakuan yang berat,sehingga gerakan menjadi terbatas. Persendian kaku yang menyebabkan perubahan bentuk lengan dan kaki sehingga anak tidak bisa berjalan.

Selain mempengaruhi otot ( kemampuan motorik), gejala yang sering ditemukan pada anak cerebral palsy adalah: kejang (epilepsi), gangguan pencernaan, pernafasan yang tidak teratur, keterbelakangan mental, kecerdasan dibawah normal, gangguan bicara, bahkan gangguan penglihatan atau pendengaran.

macam-macam celebral palsy

macam-macam celebral palsy

Jenis Cerebral Palsy adalah :

Cerebral palsy spastik Ditandai dengan kekakuan dan kesulitan gerak, contoh kejang saat anak marah / dalam tekanan, segera hilang begitu anak kembali dalam keadaan tenang.

Cerebral palsy athetoid Di tandai dengan gerakan tak terkendali tanpa disengaja dan tidak dapat dicegah.

Cerebral palsy ataxia Ditandai dengan terganggu persepsi keseimbangan tubuh dan selalu terdapat salah duga atau presepsi, misalnya pada waktu akan melangkah atau memasukan makanan kedalam mulut.

Tag:
pengertian cerebral palsy, apa itu cerebral palsy, cerebral palsy adalah, pengertian cp, arti cerebral palsy, definisi cerebral palsy, apa itu cp, cp adalah, apa itu celebral palsy, pengertian celebral palsy, arti celebral palsy, cerebral palsy artinya, pengertian cerebal palsy, pengertian athetoid, cerebral palsy indonesia, cerebral palsy pada anak, contoh cerebral palsy, cerebral palsy pengertian, apa itu cerebal palsy, anak cerebral palsy
Bookmark the permalink.

Comments are closed