Apa Itu Implan Koklea?

Apa Itu Implan Koklea?

Implan koklea adalah perangkat implan operasi yang membantu mengatasi masalah-masalah di telinga bagian dalam, atau koklea. Koklea adalah tabung berbentuk siput, meringkuk terletak di daerah telinga mana saraf yang terkandung. Fungsinya adalah untuk mengumpulkan sinyal-sinyal listrik dari getaran suara dan mengirimkan mereka ke saraf pendengaran (atau saraf pendengaran). Saraf pendengaran kemudian mengirimkan sinyal-sinyal ke otak, sehingga mengenali suara.

implan koklea

implan koklea

Jika bagian-bagian penting dari koklea tidak bekerja dengan benar dan saraf pendengaran tidak dirangsang, tidak ada cara untuk sinyal listrik untuk sampai ke otak. Sehingga, pendengaran tidak terjadi. (Kadang-kadang disebut sebagai tuli saraf, ini disebut gangguan pendengaran sensorineural). implan koklea menggunakan sinyal listrik sendiri untuk merangsang saraf pendengaran, yang memungkinkan orang untuk mendengar.

implan koklea menawarkan harapan mendapatkan kembali atau mengembalikan kemampuan untuk merasakan suara bagi sebagian orang yang mengalami gangguan pendengaran yang signifikan. Meskipun bukan perangkat ajaib, implan koklea membantu beberapa anak dan orang dewasa, yang memiliki gangguan pendengaran sejak lahir maupun setelah dewasa.

Implan koklea merangsang daerah telinga bagian dalam dengan sinyal-sinyal listrik, yang mengirimkan sinyal ke saraf pendengaran, dan memungkinkan pengguna untuk mendengar. Meskipun kualitas suara dari implan koklea berbeda dengan pendengaran normal, implan koklea menyediakan pengguna dengan kemampuan untuk merasakan suara yang mereka tidak bisa mendengar sebaliknya. Perbaikan dalam cara informasi suara proses implan yang terus menerus dilakukan untuk membuat suara tampak lebih alami.

Implan koklea sebenarnya terdiri dari paket implan, yang dijamin di dalam tengkorak, dan prosesor suara dan bicara, yang dipakai secara eksternal di luar tubuh). Beberapa komponen dari implan koklea bekerja sama untuk menerima suara, transfer ke saraf pendengaran, dan mengirimkannya ke otak.

implan koklea

implan koklea

Paket implan terdiri dari :

  • Penerima
  • Stimulator yang berisi semua sirkuit elektronik yang mengontrol aliran elektrik ke telinga
  • Antena yang menerima sinyal dari prosesor suara dari luar
  • Magnet yang memegang prosesor suara dari luar
  • Satu kawat berisi elektroda yang dimasukkan ke dalam koklea (jumlah elektroda dapat bervariasi tergantung pada koklea implan tipe model yang digunakan). Elektroda bertindak seperti sel-sel fungsi rambut normal dan memberikan muatan listrik untuk merangsang saraf pendengaran.

Prosesor suara dan pidato adalah komputer mini yang memproses suara menjadi informasi digital, dan kemudian mengirimkan informasi tersebut ke implan dalam bentuk sinyal listrik. Prosesor suara dipakai secara eksternal dan terlihat banyak seperti alat bantu dengar normal. Tergantung pada jenis prosesor suara yang digunakan, hal ini bisa dipakai sebagai headset di belakang telinga atau di ikat pinggang, harness, atau saku.

Bagaimana mendengar dengan normal Telinga terdiri dari tiga bagian (telinga luar, bagian dalam dan saluran telinga) dan untuk mendengar suara, orang yang memiliki pendengaran normal melewati ketiga bagian telinga sebelum sampai ke otak. Ketika seseorang mendengar suara, telinga luar menangkap getaran suara dan mengirimkannya melalui saluran telinga ke telinga bagian tengah, yang terdiri dari gendang telinga dan tiga tulang kecil. Suara getaran kemudian menyebabkan gerakan dalam tiga tulang kecil, membuat cairan di koklea bergerak. Gerakan cairan merangsang sel-sel rambut, yang ribuan reseptor pendengaran kecil di dalam koklea. Sel-sel rambut menekuk bolak-balik dan mengirim sinyal listrik ke saraf pendengaran, dan saraf pendengaran kemudian membawa sinyal-sinyal ke otak, di mana mereka menafsirkan menjadi suara.

Karena penuaan, faktor keturunan, penyakit, infeksi, atau terpapar berulang kali atau berat terhadap suara keras, sel-sel rambut bisa rusak atau hancur. Jika sel-sel rambut tidak bekerja, saraf pendengaran tidak dapat dirangsang dan karena itu tidak dapat mengirimkan informasi ke otak. Sehingga orang tersebut tidak dapat mendengar .

Bagaimana Implan Koklea bekerja

Berikut adalah cara implan bekerja :

  • Mikrofon mengambil suara.
  • Suara dikirim ke prosesor suara.
  • Prosesor suara menganalisis suara dan mengubahnya menjadi sinyal listrik. (Sinyal berisi informasi yang menentukan berapa banyak arus listrik akan dikirim ke elektroda)
  • Pemancar mengirimkan sinyal ke paket implan, di mana itu diterjemahkan .
  • Paket implan menentukan berapa banyak arus listrik harus lolos ke elektroda dan mengirimkan sinyal. Jumlah arus listrik akan menentukan kenyaringan, dan posisi elektroda akan menentukan besarnya suara itu.
  • ¬†Ujung saraf di koklea (daerah di mana sel-sel rambut yang terletak) dirangsang dan pesan dikirim ke otak sepanjang saraf pendengaran .
  • Otak menafsirkan suara dan orang mendengar .

Implan Koklea Bedah

Prosedur bedah yang sebenarnya, yang memakan waktu 2-4 jam dan menggunakan anestesi umum, melibatkan mengamankan paket implan di bawah kulit dan di dalam tengkorak, dan kemudian threading kabel yang berisi elektroda ke dalam spiral koklea.

Untuk mengamankan implan, dokter bedah meletakkan 3-4mm di tulang temporal (tulang tengkorak yang mengandung bagian pada saluran telinga, telinga tengah, dan telinga bagian dalam). Selanjutnya ahli bedah membuka tulang mastoid di belakang telinga untuk memungkinkan akses ke telinga tengah. Kemudian, sebuah lubang kecil dibor di koklea dan kabel yang berisi elektroda dimasukkan. Paket implan ini kemudian ditutup.

Dua sampai empat minggu setelah operasi, prosesor suara akan cocok dengan paket implan dan diprogram dan fine-tuned untuk memenuhi kebutuhan pendengaran individu anak.

Belajar Gunakan Implan Koklea

Karena tingkat dan jenis sensitivitas saraf pendengaran yang berbeda untuk setiap orang, spesialis harus menyempurnakan prosesor suara untuk setiap pasien .

Dengan mengukur arus terendah dan tertinggi untuk masing-masing elektroda, dokter menemukan paling lembut dan paling keras suara yang akan didengar (masing-masing elektroda menghasilkan suara yang berbeda dengan lapangan yang berbeda).

Setelah sesi pemrograman, pengguna mulai mengambil suara dengan implan, namun memberikan kekuatan penuh implan adalah proses bertahap yang membutuhkan waktu beberapa bulan. Pada anak-anak yang lahir tuli, stimulasi dari implan akan memungkinkan mereka untuk mengembangkan jalur otak yang diperlukan untuk mendengar suara. Ini adalah proses yang panjang dengan pemrograman dan terapi intensif yang sering berlangsung selama beberapa tahun.

Selama proses pemrograman, pengguna melakukan terapi bicara dan bahasa untuk membantu mengidentifikasi dan menafsirkan suara dengan mendengar. serta melatih orang tuanya untuk membantu selama dirumah.

Terapi akan membantu anak mengembangkan dan memahami bahasa lisan melalui deteksi, meniru, dan menghubungkan makna suara. Sesi ini berlangsung setidaknya satu tahun. Dalam banyak kasus , terapi telah membantu anak-anak dengan implan koklea mengembangkan bicara dan bahasa setara dengan anak yang lainnya dan dapat pergi sekolah.

Bagi yang menerima implan koklea, manfaatnya sangat bervariasi. Panjang rehabilitasi bervariasi dari orang ke orang, dan banyak faktor (seperti kondisi saraf pendengaran atau adanya jaringan parut di koklea) dapat menghambat keberhasilan implan .

Tag:
implan koklea, maksud dari anak implan, apa itu IMPLAN, apa itu implan koklea, cara memperbaiki klokea telinga, implan koklea gambar, gambar implan koklea, gambar koklea, foto implan koklea, arti implan kokle, foto anak operasi inplan koklea penuh 2telinga, setelah anak operasi implan koklea, Penyakit implan koklea, penyakit implan, koklea adalah, gambar implan kohlea, content, apa itu inplan koklea, penjelasan implan koklea, cairan dalam koklea
Bookmark the permalink.

Comments are closed