LAYANAN

LAYANAN TERAPI ANAK MATAHARI BUNDA

Terapi Wicara

Terapi Bicara berfokus pada bahasa reseptif (kemampuan untuk memahami kata-kata yang dibicarakan) dan bahasa ekspresif (kemampuan untuk menggunakan kata-kata untuk mengekspresikan diri). Hal ini juga berkaitan dengan mekanisme dalam memproduksi kata-kata, seperti: artikulasi, pitch, kelancaran, dan volume. Orang dewasa mungkin perlu terapi wicara setelah mengalami stroke atau kecelakaan traumatis yang mengubah kemampuan mereka untuk menggunakan bahasa. Tetapi anak-anak mengikuti terapi wicara untuk mengejar keterlambatan perkembangan bicara.

Terapi Okupasi

Terapi okupasi adalah bentuk layanan kesehatan yang bertujuan untuk membantu seseorang yang mengalami gangguan fisik dan mental dalam mencapai kemandirian dan kepuasan dalam semua aspek kehidupan mereka dengan menggunakan aktifitas bermakna.

Terapi Sensori Integrasi

Sensori integrasi adalah bagaimana seseorang dapat mengatur informasi yang diperoleh dari lingkungan di sekitarnya sehingga informasi tersebut dapat digunakan sesuai dengan situasi. Terapi sensori integrasi adalah terapi yang digunakan untuk memperbaiki gangguan pengolahan sensorik yang berkaitan dengan 7 indra yang meliputi pengecapan (lidah), pendengaran (telinga),posisi dalam ruang (proprioceptive), sentuhan (kulit), penglihatan (mata), penciuman (hidung), dan kesigapan tubuh (vestibular).

Remedial Terapi

Remedial Terapi adalah terapi untuk anak yang mengalami kesulitan dalam menguasai kemampuan berpikir secara optimal dan juga kemampuan logika mendasar dengan penyesuaian teknik pembelajaran dan terapi anak berdasarkan gaya dan ketertarikan anak.

Perbedaan antara remedial terapi dengan les oleh guru adalah pada remedial terapi, terapis akan mencari akar permasalahan permasalahan yang dialami anak kemudian memperbaikinya dengan program yang telah ditetapkan berdasarkan hasil assessmen anak. Contohnya yaitu ketika anak mengalami kesulitan dalam membaca, apakah anak mengalami gangguan  dalam sekuen, persepsi huruf, atau yang lainnya. Sedangkan les dengan guru, anak hanya diajarkan apa yang anak tidak bisa. Contohnya adalah ketika anak tidak bisa membaca maka guru akan mengajarkannya membaca

Behavior Terapi

Terapi perilaku diberikan untuk membantu anak memahami bagaimana mengubah perilaku mereka dapat menyebabkan perubahan dalam perasaan mereka. Tujuan dari terapi perilaku biasanya untuk meningkatkan keterlibatan seseorang dalam kegiatan positif atau memperkuat kemampuan sosialisasi anak. Terapi perilaku menggunakan pendekatan terstruktur yang diukur secara hati-hati dari aktivitas kesehariannya yang kemudian diusahakan dapat meningkatkan kesempatan pengalaman positif anak.

Bimbingan konseling dan Test IQ

Matahari Bunda juga melayani konsultasi psikologi untuk anak dan orang tua terkait dengan permasalahan yang muncul untuk assessment kemampuan anak. Selain itu, sebagai layanan psikologi, Matahari Bunda juga memberikan bentuk tes-tes psikologi seperti;  tes IQ, tes bakat, tes kematangan anak dll. Tes ini diharapkan dapat mengetahui tingkat kemampuan anak diberbagai bidang, disamping itu juga untuk pengukuran inteligensi, diagnosa psikiatris, kemerosotan psikosis dan emosional yang dapat mempengaruhi sejumlah fungsi intelektual lebih daripada yang lain.

Tag:
terapi remedial, terapi sensori integrasi untuk anak hiperaktif, apakah terapi remedial itu, terapi remedial adalah, layanan terapi untuk anak autis, terapi remidial, bentuk layanan terapi anak autis, tes psikologi untuk anak adhd, apa itu terapi remidial, twrapu remidiak, Layanan pendidikan untuk anak hiperaktif dan autism, layanan apa yang d gunakan untuk anak hiperaktif, jasa remedial terapi, hasil tes psikologis anak hiperaktif, cara terapi remidial, cara memberikan remedial pada anak yang autis dan hyper aktif, bentuk terapi sensori integrasi untuk anak hiperaktif, bentuk layanan seperti apa bagi anak hiprraktif, bentuk layanan anak adhd, bentik layanan terapi untuk anak autis

Comments are closed