PENGERTIAN AUTIS

Pengertian Autisme

 

Autisme berasal dari kata auto yang berarti sendiri. Anak autistik ialah anak yang mengalami gangguan berat yang antara lain mempengaruhi cara seseorang untuk berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain (Sutadi,2002). Autisme juga merupakan gangguan perkembangan organik yang mempengaruhi kemampuan anak-anak dalam berinteraksi dan menjalani kehidupannya (Hanafi,2002).
AUTIS
Kartono dan Gulo (2003) mendefinisikan autisme sebagai kecenderungan pikiran-pikiran dan persepsi seseorang yang dipengaruhi oleh hasrat dan keinginannya serta dalam fantasi dan khayalan-khayalannya, dimana kenyataan objektif tidak terlihat karena adanya kecenderungan melihat dunia secara subjektif.

Matson, (dalam APA,1987) juga mengemukakan bahwa autistik merupakan gangguan perkembangan yang berentetan atau pervasif. Gangguan perkembangan ini terjadi secara jelas pada waktu bayi, maa anak-anak dan masa remaja. Autistik adalah suatu perkembangan yang kompleks menyangkut komunikasi, interaksi sosial dan aktivitas imajinasi dan anak autis adalah anak yang mempunyai  masalah atau gangguan dalam bidang komunikasi, interaksi sosial, gangguan sensoris, pola bermain, perilaku dan emosi (Depdiknas,2002).

Autisme merupakan gangguan perkembangan fungsi otak yang kompleks dan sangat bervariasi (spektrum), biasanya, gangguan perkembangan ini meliputi cara berkomunikasi, berinteraksi sosial, dan kemampuan berimajinasi.

ANAK AUTIS Autisme adalah gejala menutup diri sendiri secara total, dan tidak mau berhubungan lagi dengan dunia luar, merupakan gangguan perkembangan yang komplek, mempengaruhi perilaku, dengan akibat kekurangan kemampuan komunikasi, hubungan sosial dan emosional dengan orang lain, kemampuan motorik kasar, kemampuan motorik halus,  dan tidak tergantung dari ras, suku, strata-ekonomi, strata sosial, tingkat pendidikan, geografis tempat tinggal, maupun jenis makanan. Tanda-tanda ini semuanya dimulai sebelum anak berusia tiga tahun. Autisme mempengaruhi pengolahan informasi di otak dengan mengubah cara sel saraf dan sinapsis mereka menghubungkan dan mengatur; bagaimana hal ini terjadi tidak dipahami dengan baik. Autisme merupakan gangguan perkembangan fungsi otak yang kompleks dan sangat bervariasi (spektrum), biasanya, gangguan perkembangan ini meliputi cara berkomunikasi, berinteraksi sosial, dan kemampuan berimajinasi.

Tag:
pengertian autis, pengertian anak autis, gambar komunikasi diri sendiri, pengertianautis, pengertian kemampuan anak autis, pengertian kelainan perkembangan pada anak, pengertian autis dan apolitis, north american safari, hanafi 2002 tentang autisme, penjelasan tentang anak autis
Bookmark the permalink.

Comments are closed