Panduan Tentang Anak Terlambat Bicara

Panduan Tentang Terapi Anak Terlambat Bicara

ANAK LAMBAT BICARA

TERAPI ANAK LAMBAT BICARA

Kita selalu menantikan kata pertama yang keluar dari anak-anak kita, sehingga akan terasa mengecewakan dan mengkhawatirkan jika mereka lambat bicara. Tetapi kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar anak yang tampaknya “lambat” berbicara langsung mengejar keterlambatan mereka pada usia 2 tahun. Sekitar satu dari empat anak-anak adalah lambat berbicara dan sebagian besar tidak membutuhkan bantuan khusus untuk mengarahkan mereka perkembangan yang sesuai. Berikut ini adalah apa yang dimaksud dengan perkembangan bicara dan bagaimana mengetahui apakah Anda perlu berkonsultasi dengan seorang spesialis atau terapi anak lambat bicara.

Bagaimana cara terapi anak terlambat bicara?

Meskipun perkembangan bahasa sering memiliki kesamaan tetapi kecepatannya bervariasi dari anak ke anak. Sebagai aturan praktis, anak-anak harus bisa mengatakan satu kata pada sekitar 1 tahun, kombinasi dua kata pada usia 18 bulan sampai 2 tahun, dan kalimat  dari tiga kata sebelum berusia 3 tahun. Ketika terapis wicara mengevaluasi keterlambatan bicara, mereka peduli banyak tentang kemampuan pemahaman anak seperti yang mereka lakukan tentang berapa banyak ia berbicara. Misalnya, meskipun biasanya pada usia 18 bulan sudah bisa mengatakan 50 sampai 100 kata, dia bisa jauh lebih paham. Membuat gerakan dan mengikuti petunjuk dapat menunjukkan bahwa anak Anda memahami dan berkomunikasi dan ada kemungkinan sedikit alasan untuk khawatir. The American Speech – Language- Hearing Association menginformasikan grafik tentang perkembangan bahasa anak. Anda dapat mengukur perkembangan bahasa pada anak Anda.

Alasan di Balik Anak Terlambat Bicara

Keturunan dan temperamental dapat mengakibatkan permasalahan keterlambatan bicara dalam bahasa, sebagaimana yang orangtua lakukan mengantisipasi setiap kebutuhan anak (“Apakah kamu mau minum?”) Daripada membiarkan dia memintanya sendiri. Beberapa anak yang cenderung mengalami keterlambatan bicara meliputi:

anak laki-laki: Mereka lebih terlambat dalam perkembangan bicara dibandingkan anak perempuan, meskipun ini biasanya hanya sekitar satu sampai dua bulan. Pada usia 16 bulan, anak laki-laki menggunakan rata-rata 30 kata, sementara anak perempuan cenderung menggunakan sekitar 50 kata.

Prematur : Bayi yang lahir dini sering memakan waktu lebih lama daripada yang lain untuk mencapai tonggak, namun pada usia 2 mereka biasanya mengejar rekan-rekan mereka. Dokter anak mengatakan bahwa ketika mengukur perkembangan bayi prematur, orang tua harus mulai menghitung dari tanggal jatuh tempo anak seharusnya lahir, bukan tanggal lahirnya. Seorang anak yang lahir tiga bulan lebih awal bisa tampak seperti mengalami keterlambatan bicara, tetapi mungkin lama kelamaan akan baik-baik saja.

Kelipatan : terapis wicara memperkirakan bahwa sebanyak 50 persen dari semua kelipatan mengalami keterlambatan bicara. Prematuritas, berat badan lahir rendah, dan intervensi medis saat lahir – yang semuanya terjadi lebih sering di antara kelipatan – dapat mengakibatkan keterlambatan bahasa.

Anak-anak dengan infeksi kronis telinga : Jika cairan di telinga terus berlanjut selama berbulan-bulan pada satu waktu terutama selama tahun pertama, ketika seorang anak mulai memproses bahasa hal tersebut dapat menyebabkan pendengaran yang buruk sehingga dapat lambat bicara.

Anak-anak yang difokuskan pada keterampilan lain : Jika seorang anak terlambat bicara, tapi perkembangannya secara keseluruhan berjalan sesuai jadwal, dia mungkin hanya akan mencoba untuk menyempurnakan satu keterampilan, seperti berjalan dan mengorbankan berbicara atau memberikan terapi anak lambat bicara.

Tag:
terapi wicara, anak terlambat bicara, terapi bicara anak 2 tahun, anak lambat bicara, Terapi Bicara, terapi anak terlambat bicara, terapi bicara anak, anak telat bicara, terapi anak lambat bicara, cara mengatasi anak terlambat bicara, terapi wicara anak, terapi untuk anak yang terlambat bicara, penyebab anak lambat bicara, obat anak terlambat bicara, terapi bicara pada ANAK, cara terapi wicara, terlambat bicara, cara terapi anak terlambat bicara, penyebab anak terlambat bicara, terapi wicara anak 3 tahun
Bookmark the permalink.

Comments are closed